• SMK MA'ARIF PARE
  • Membangun Keilmuan, kedisiplinan dan ketaqwaan

PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW 1445

Maulid Nabi adalah peringatan atau perayaan yang dilakukan untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Maulid Nabi biasanya diperingati setiap 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah.

 

 

Banyak hikmah yang bisa dipetik oleh para umat islam ketika memperingati Maulid Nabi. Apa saja kira-kira hikmahnya? Berikut mengenai hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW.



 

Hikmah Memperingati Maulid Nabi
berikut ini beberapa hikmah yang bisa dipetik dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

 

  • Mendorong Umat Islam untuk Membaca Sholawat
    Dengan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, dapat mendorong umat islam untuk selalu bersholawat. Mereka menjadi terdorong untuk mengamalkan sholawat untuk mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW.

  • Ungkapan Kegembiraan dan Kesenangan Terhadap Nabi Muhammad SAW
    Peringatan Maulid Nabi merupakan sebuah ungkapan kegembiraan dan kesenangan yang ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW. Diceritakan bahwa orang kafir pun mendapatkan manfaat dengan kegembiraan itu. Hal ini tergambar pada kisah ketika Tsuwaibah, yang merupakan budak perempuan Abu Lahab tengah menyampaikan kabar gembira mengenai kelahiran Sang Cahaya Alam Semesta.

    Abu Lahab pun merayakannya sebagai tanda suka cita. Karena inilah, di alam baqa, dia akan diringankan siksanya setiap hari Senin tiba. Kisah tersebut merupakan bentuk rahmat Allah SWT terhadap siapapun yang bergembira dan senang atas kelahiran Nabi Muhammad SAW, sekalipun itu adalah orang kafir.

  • Meningkatkan Rasa Syukur
    Salah satu dari hikmah memperingati Maulid Nabi adalah meningkatkan rasa syukur kita kepada Allah SWT, atas segala nikmat dan rezeki yang diberikan kepada kita umat manusia.

  • Mengajarkan Keadilan
    Nabi Muhammad SAW merupakan contoh pemimpin yang sempurna dan adil. Hikmah yang bisa dipetik adalah, penting untuk memperlakukan semua orang dengan adil meskipun berasal dari suku, agama, dan ras yang berbeda.

    Kita tidak boleh membedakan perilaku kita hanya karena kita tidak berasal dari suku, agama, dan ras yang sama. Karena derajat semuanya sama di mata Allah SWT.


 

  • Mengajarkan Kedermawanan dan Kemurahan Hati
    Nabi Muhammad SAW merupakan sosok yang sangat patut untuk dikagumi. Bagaimana tidak, sosoknya sangatlah dermawan dan murah hati. Maka dari itu, penting bagi kita untuk selalu berbuat baik kepada sesama dan berbagi kepada orang-orang yang membutuhkan.


  • Meneladani Perilaku dan Perbuatan Nabi Muhammad SAW
    Meneladani perilaku dan perbuatan mulia dari Nabi Muhammad SAW dalam setiap gerak kehidupan kita merupakan salah satu hikmah dari memperingati Maulid Nabi.

    Perilaku dan perbuatan baik dari Nabi Muhammad SAW ini, harus kita tanamkan dalam keseharian kita. Mulai dari hal kecil hingga hal paling besar, mulai dari duniawi, hingga urusan akhirat.


  • Meneguhkan Kecintaan Kepada Nabi Muhammad SAW
    Hikmah dari memperingati Maulid Nabi adalah meneguhkan kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW. Sebagai orang mukmin, kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW merupakan sebuah keniscayaan, sebagai konsekuensi dari keimanan.

    Kecintaan ini harus berada di atas segalanya. Bahkan melebihi kecintaan kepada anak dan istri, kecintaan kepada harta, kedudukan dan kecintaan pada diri sendiri.

  • Melestarikan Ajaran dan Misi Perjuangan Nabi Muhammad SAW
    Melestarikan ajaran dan misi perjuangan dari Rasulullah dan juga para nabi merupakan salah satu hikmah dari memperingati Maulid Nabi.


 

Melalui penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa Maulid Nabi memiliki banyak hikmah, seperti mendorong membaca sholawat, ungkapan kegembiraan, rasa syukur, mengajarkan kedermawanan, keadilan, meneguhkan rasa cinta kepada Rasulullah, meneladani perilaku baik Rasulullah, dan melestarikan ajaran Rasulullah.

Komentar

Bismillahirrahmanirrahim Assalamualaikum wrwb Alhamdulillah puja puji syukur kepada Allah SWT atas anugrah iman islam ikhsan dsb dan shalawat dan salam atas nabi kita Muhammad SAW peristiwa kelahiran nabi muhammad saw di masa/tahun adanya peristiwa raja dan pasukannya yg ingin menyerang kabah dengan gajah. lalu di tengah perjalanan ada burung ababil yg menghacurkan pasukan tsb sehingga porak poranda seperti daun yg dimakan ulat maka sebaiknya kita dilarang mengganggu / menyerang siapapun, apalagi apabila punya kekuasaan/jabatan sebaiknya dipergunakan untuk beriman beramal islam kepada Allah SWT dan beramal kebajikan pahala dsb melindungi dan melestarikan alam dsb maaf Alfatihah amin terimakasih wassalamualaikum wrwb

Singkat,padat, penuh makna

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
LOMBA E-SPORT MLBB RADAR KEDIRI 2023

Untuk diketahui, total ada ratusan peserta yang akan berlaga di tiga event tersebut. Khusus untuk SC Cup: Mobile Legend tingkat SMP sederajat saja, total ada 83 tim yang akan berlaga. S

11/01/2024 08:57 - Oleh Administrator - Dilihat 171 kali
KEGIATAN KUNJUNGAN INDUSTRI P5BK

Kunjungan industri adalah kegiatan di mana sekelompok orang, seperti siswa atau mahasiswa, mengunjungi perusahaan atau pabrik dalam industri tertentu untuk melihat dan belajar tentang p

27/05/2023 12:07 - Oleh Administrator - Dilihat 8112 kali
KEGIATAN LATIHAN BARIS BERBARIS 2022

          Dengan belajar Peraturan Baris Berbaris (PBB) banyak manfaat yang didapatkan oleh para siswa yaitu menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tan

26/05/2023 10:49 - Oleh Administrator - Dilihat 515 kali
KEGIATAN UPACARA PERINGATAN HARI PAHLAWAN SMK MA'ARIF PARE

         Pemerintah selalu memperingati Hari Pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 November. kegiatan serupa juga akan dilakukan, mulai dari tingkat pusat

26/05/2023 10:04 - Oleh Administrator - Dilihat 401 kali
KEGIATAN MEMPERINGATI HARI SANTRI NASIONAL TAHUN 2022

        Hari Santri adalah hari untuk memperingati peran besar kaum kiai dan santri dalam perjuangan melawan penjajahan dari bangsa asing. Ini bertepatan deng

26/05/2023 09:12 - Oleh Administrator - Dilihat 455 kali